Program Magang di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia

Assalamualaikum..

Halooo!


Perkenalkan saya Liza Rosalia merupakan mahasiswa semester 7 di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) dengan Program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (UHAMKA) Jakarta Selatan.

Di kampusku untuk jurusan Ilmu Komunikasi ada 5 peminatan yakni Humas, Jurnalistik, Broadcasting, dan Advertising. Jika sudah lulus semua mata kuliah peminatan maka pada semester 7 dapat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Bagaimana untuk Perusahaan / tempat magang nya apakah ditentukan atau bebas memilih?

Untuk tempat magang nya kita bebas menentukan  sendiri tetapi akan lebih baik menyesuaikan dengan Peminatan yg kita ambil misalnya saya memilih peminatan Humas maka saya bisa magang di perusahaan yg memiliki lingkup kerja kehumasan.

Pilihan lain biasanya beberapa dosen merekomendasikan beberapa tempat PKL yg sudah bekerja sama dengan kampus agar mahasiswanya dapat melaksanakan PKL di tempat tersebut.

Banyak sekali peluang yang bisa di dapatkan, namun intinya you should prepare dari jauh-jauh hari karena akan ada anak-anak magang dari kampus lain juga yg akan mengisi magang di perusahaan tersebut.


Bagaimana tips melamar ke Perusahaan untuk magang?

Tipsnya adalah..
 Pastikan bahwa perusahan tersebut menerima mahasiswa magang.

- Kamu bisa langsung datang ke perusahaan tersebut menanyakan apakah ada peluang bagi kamu untuk melaksanakan magang disana atau tidak. Jika Ya maka tanyakan apa persyaratannya karena setiap instansi memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

- Pilihan lain jika perusahaan tersebut berlokasi jauh misal berada di luar kota/ luar negeri kamu bisa menanyakan via telpon / mengirimkan email terlebih dahulu.

Berapa Lama Waktu Magang?
It depends on kebijakan masing-masing Fakultas. Misal di Fakultasku minimal 1 bulan tp akan berbeda untuk fakultas lain atau kampus lain.

Tak hanya itu, setiap intansi/perusahaan juga memiliki ketentuan berapa lama jangka waktu bekerja untuk anak magang karena setiap perusahaan berbeda2. Pengalaman temanku magang di salah satu stasiun televisi itu minimal harus 3 bulan. Namun ada juga tempat PKL yang menyesuaikan berapa lama kita bisa magang di perusahaan tersebut. Misal diawal saya meminta 1 bulan, maka waktu kita magang hanya 1 bulan jika disetujui pihak perusahaan tersebut.

Nah ini pertanyaan yang paling sering ditanyan.
Bagaimana Tips Bisa Magang di Luar Negeri?

Jadi pada bulan awal september 2018 kemarin saya melangsungkan magang di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia selama sebulan. Kok bisa?

Langkah pertama adalah mengirimkan email ke Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur karena atase tersebut yang menangani untuk mahasiswa magang.

Kamu bisa melampirkan cv, Surat rekomendasi dari kampus yg telah disetujui untuk bisa melaksanakan magang di Luar Negeri dan dikirimkan ke email atdikbud KBRI Kuala Lumpur dan sampaikan pada bulan apa kamu ingin melaksanakan magang.

Kemudian jika sudah ada balasan dari mereka selanjutnya lengkapi berkas lainnya yang diminta untuk memenuhi persyaratan dan kamu akan diinfokan pada bulan apa kamu bisa melaksanakan magang di tempat tersebut. Karna ada banyak permohonan magang dari mahasiswa kampus lain. So, siapkan dari jauh-jauh hari.

Pengalamanku waktu itu, aku mengirimkan lamaran pada Awal bulan Februari 2018 untuk magang pada bulan september kemudian baru mendapat balasan akhir Maret 2018. Lumayan harap2 cemas email sebulan belom dibales hahah.

And then.. mereka akan mengirimkan SOP selama menjadi anak magang di KBRI.


Dan tibalah pada bulan September 2018 saya dan teman2 datang ke KBRI KL ke bagian atase pendidikan untuk diberi arahan di divisi mana kamu akan ditempatkan. Setiap orang berada di divisi yang berbeda2.

Kebetulan Saya di tempatkan di Atase Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensos) yakni  salah satu tugasnya adalah membuat news summary harian dan mingguan atau seperti memonitoring media di Malaysia misal koran di Malaysia mengenai pemberitaan tentang Indonesia.

Berapa lama KBRI memberi waktu untuk mahasiswa magang?

Untuk mahasiswa yg sedang kuliah di Malaysia, KBRI menerima magang maksimal 3 bulan. Namun untuk yg berkuliah seperti di Indonesia hanya boleh maksimal 1 bulan karena free visa untuk satu bulan saja.
Jam kerja di KBRI adalah Senin-Jumat dari pukul 09.00 -17.00

Bagaimana untuk tempat tinggal di sana?

OHYA Tak kalah penting untuk tempat tinggal selama disana KBRI tidak menyediakan akomodasi.

Jadi tips nya adalah tanyakan Pada atase pendidikan untuk rekomendasi tempat tinggal. Biasanya ada beberapa staff yg menyewakan seperti apartemen atau kondominium yang dekat dengan KBRI.




Sekian untuk informasi singkat nya mengenai Internship di KBRI Kuala Lumpur. Jika ada pertanyaan boleh tanyakan di instagram: liza.rosalia atau di http://wirecellar.com/Ztc





Komentar

  1. halo kak, mau bertanya, jadi sebelum melamar magang kita gausah nyantumin posisi apa yang kita inginkan ya kak? langsung ditempatkan dari pihak kbri malaysia nya? lalu kalo boleh tau posisi - posisi apa yg ada dalam kbri malaysia tsb? makasih kak

    BalasHapus

Posting Komentar